Interaksi Manusia Komputer



Soal dan Jawaban Ujian Akhir Semester


SOAL :

1.    Jelaskan tentang terminologi pengertian ilmu interaksi manusia dan komputer
2.    Apa tujuan dari pemahaman aspek-aspek suatu Inetraksi Manusia dan Komputer
3.    Untuk menghasilkan suatu interface yang baik dalam sebuah perancangan, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan
4.    Uraikan faktor-faktor IMK yang terdapat pada blog anda
5.    Sebutkan jenis Menu yang ada dalam blog tersebut
6.    Jelaskan tentang Computer-Supported Cooperative Work
7.    Sebutkan dan jelaskan min 10 contoh groupware yang anda ketahui
8.    Tuliskan alamat blog yang anda buat


Jawaban :

 1.   Merupakan satu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem yang mana sistem tersebut meliputi sistem pada komputer dan sistem yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari; IMK juga merupakan suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena di sekitar manusia itu sendiri.

2.    Tujuan dari pemahaman aspek-aspek suatu Interaksi Manusia dan Komputer adalah "agar dicapai suatu kondisi yang senyaman mungkin ketika seseorang harus bekerja di depan komputer untuk selang waktu yang cukup lama

3.    Hal-hal yang harus diperhatikan yaitu:
· Berfokus pada ketrampilan user
· Mempunyai pemahaman yang cukup dalam merancang interface
· Efektivitas yaitu ketelitian dan kelengkapan dimana user mencapai tujuan

· Learnabilitas yaitu mudah dipelajari oleh user baru
· Efisiensi yaitu sumber daya pembelajaran dalam hubungannya dengan ketelitian dan kelengkapan untuk user (tidak membutuhkan alat-alat bantu)
· Memorabilitas yaitu mudah didalam menggunakan system dan perintah-perintahnya mudah diingat
· Kesalahan yaitu tingkat kesalahan yang kecil
· Kepuasan Subjektif yaitu bebas dari ketidaknyamanan dan sikap positif dalam menggunakan produk



4.    Faktor - faktor IMK yang terdapat pada blog yaitu:
· Faktor Lingusitik Komputasional yaitu menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah untuk dimengerti user
· Faktor Psikologi, di dalam blog ini yang merupakan jadi sasaran utama saya adalah masyarakat karo agar dapat lebih memahami akan adat istiadatnya, sasaran yang lain yaitu masyarakat umum sebagai wawasan akan budaya karo
· Faktor Sosiologi, berhubungan erat antara system computer dengan struktur sosial
· Faktor rekayasa perangkat lunak, dimana terdapat suatu instruksi yang apabila diproses dapat menampilkan wacana atau hal yang diinginkan, intruksi ini berupa instruksi menu pull-down and pop-up

5.    Jenis menu yang terdapat pada blog yaitu menu pull-down and pop-up

6.    Computer-Supported Cooperative Work :
· CSCW adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung prosese social kerja, sering diantara mitra yang berjauhan
· Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. Dimana saat itu CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat didukung teknologi komputer. Kemudian beberapa orang berpendapat CSCW sama dengan Groupware
· Groupware merupakan hasil dari CSCW
· Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984 pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan merekaPada kesempatan yang sama pada tahun 1987 Dr. Charles Findley mempresentasikan konsep collaborative learning work Menurut CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat didukung teknologi computer.

7.    10 contoh groupware :
· Email, merupakan bagian dari interaksi asinkron dapat melakukan system kerja di tempat yang berbeda dan waktu yang berbeda
· Facebook, merupakan media sosial yang dapat memudahkan berkomunikasi dari tempat yang berbeda dengan waktu yang bersamaan, dapat juga dimanfaatkan sebagai alat untuk menjalankan usaha
· E-plaq, merupakan aplikasi di bidang karantina tumbuhan, dapat bermanfaat dalam kelompok system kerja waktu sama dan tempat berbeda, saat di entry di salah satu upt, upt yang lain yang bergerak di bidang karantina dapat melihatnya juga
· Sikawan, sama halnya dengan E-plaq, hanya saja aplikasi ini merupakan aplikasi di bidang karantina hewan
· SAPK, merupakan aplikasi kepegawaian, dimana sebuah upt dapat mengajukan proses kenaikan pangkat atau sebagainya melalui aplikasi secara langsung ke BKN, setiap user dapat melakukan pemrosesan di tempat yang berbeda
· SIMONEV, aplikasi perkantoran juga yang merupakan kerjasa sama dalam waktu yang berbeda dan tempat yang berbeda
· YM, sama halnya dengan facebook yang merupakan media social jg.dapat berkomunikasi di tempat yang berbeda dengan waktu yang bersamaan dan dapat berupa video
· Yogya free code (media diskusi), merupakan media online untuk dapat berdiskusi, dimana pun berada, sehingga mempermudah dalam pembelajaran dalam hal apapun
· Portal Pendidikan, saat ini telah banyak portal-portal pendidikan di tiap-tiap universitas sehingga memudahkan para mahasiswa untuk berinteraksi
· E-commerce, dengan adanya hal ini dapat mempermudah dalam hal berbisnis, tidak memerlukan tempat, antara penjual dan pembeli hanya cukup berkomunikasi dari tempat yang berbeda.

10.    Alamat blog : lisa-kaban.blogspot.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar